Silsilah Pimpinan Pondok Pesantren Al-Hidayah 1 Nangoh Panembong Bayongbong Garut


Pimpinan Pondok pesantren Al-Hidayah 1 berdiri tahun 1835 M oleh Raden KH. Mohammad Hasan yang sekarang dipipimpin oleh KH. Abdussalam Maqshudi, beliau generasi ke 5 dari pimpinan/pengasuh ponpes tersebut, beliau dikenal dengan ulama yang kharismatik di daerah perkampungan tersebut dan memiliki keilmuan yang luas. Setelah ayahnya meninggal yakni mama maqshudi, beliau pesantren untuk memperdalam keilmuannya di Pondok Pesantren Al-Huda Tarogong Garut yang saat itu dipimpin Oleh KH. Uum Ulumuddin atau di kenal dengan Ceng Uum keturunan dari Mama Biru Garut. Beliau di pesantren dididik dan diajarkan keilmuan yang luas, diantaranya ilmu tasawuf, ilmu fiqih, ilmu akhlaq, ilmu ushul fiqih, ilmu nahwu dan sharaf, ilmu hadits, ilmu tafsir, ilmu mantiq, ilmu balaghah, ilmu bayan, dan lain-lain.
Beliau pesantren di Al-Huda Tarogong garut selama belasan tahun, setelah itu beliau kembali bermukim di rumahnya yaitu di kampung nangoh desa panembong kecamatan bayongbong kabupaten garut provinsi jawa barat, setelah mukim di perkampungan tersebut akhirnya estafeta kepemimpinan pesantren ada yang meneruskan kembali dan dari sana sampai sekarang banyak santri-santri yang ingin belajar kepada beliau (KH. Abdussalam Maqshudi).
Beliau mendidik dan mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu Fiqih, tasawuf, nahwu dan sharaf, akhlaq, ushul fiqih, tafsir, hadits dll.

Silsilah (nasab) dari KH. Abdussalam Maqshudi :


Namun sebelumnya mohon maaf karena tidak bisa menyebutkan semuanya karena takut salah.
1. KH. Abdussalam Maqshudi Bin
2. KH. Maqshudi (Mama Maqshudi) Bin
3. KH. Rd. Kosasih Bin
4. KH. Rd. Mohammad Hasan Bin
5. KH. Kasim

Komentar

  1. nyuhungkeun bantosan na..nyuhung no hp Pesantren bu haji lala..badE naglebetkeun murangkalih ka pentren na. Bade tumaros perkawis sasihan sareng kitab2 naon wae anu di aos na.

    BalasHapus
  2. Nyuhun Ken no pondok na

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini